January 11, 2012

1001 Manfaat Pisang Bagi Tubuh

Buah yang mudah ditemui di daerah beriklim tropis ini, tak sekedar memiliki rasa yang lezat, namun ternyata menyimpang banyak sekali manfaat untuk kesehatan.
Harga piasng yang terjangkau, memang selalu menjadi pilihan buah yang wajib berada di meja makan . Tapi tidak hanya itu, ternyata pisang juga di komsumsi bagi orang yang melakukan diet.


Berikut ini beberapa manfaat pisang yang baik bagi tubuh


Sumber Alami Potasium
Dengan jumlah potasium, atau kalium, yang tinggi, pisang membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam sel-sel tubuh. Kalium yang tinggi dalam tubuh dapat membantu menurukan risiko stroke. Rendahnya kandungan natrium dalam pisang, juga aman dikonsumsi bagi penderita tekanan darah rendah.

Banyak Vitamin dan Mineral
Pisang yang besar mengandung vitamin A yang tinggi, yang baik bagi perkembangan jaringan optik di mata. Vitamin A juga penting abgi kesehatan kulit dan pertumbuhan tulang.

Pisang juga mangandung vitamin B6 yang membantu mengatur tingkat gula darah. Vitamin B12 dan B6, bersama dengan kalium dan magnesium juga membantu pecandu rokok, karena memulihkan fungsi paru-paru dari efek penghentian nikotin.

Mengandung Serat
Pisang menjadi pilihan bagi penderita sembelit dan bermanfaat untuk pembersihan usus besar, karena mengadung serat tinggi. Hal inilah yang membantu memulihkan buang air besar secara teratur. Pisang juga baik dikonsumsi bagi penderita bisul/borok, karena mudah dicerna dan memiliki sifat keasaman yang netral.

Mood booster
Bila sedang bad mood, lebih baik memilih makan pisang dibandingkan coklat atau es krim. Pisang dapat menaikkan mood, karena memicu produksi hormon serotin, yang bertanggungjawab memperbaiki suasana hati, membuat rileks dan membuat kita dalam keadaan jauh lebih tenang.

Antasid Alami
Pisang mengandung antasid alami, yang membantu menurunkan keasaman lambung, guna mengurangi sakit maag dna gangguan pencernaan. Jadi pastikan untuk memilih pisang sebagai makanan penutup untuk menjaga kesehatan perut.

sumber [via]

2 comments:

ridhaaaaaaaaaazis said...

baru tau nih, thank ya!


mampir ke blogku yuk !

Catatan Osin said...

Saya ingin klarifikasi mengenai alfalfa yg pernah anda tulis di blog ini..mohon jika diperkenankan bisa hubungi saya di email muchsinefendi@gmail.com
Terima Kasih..

Post a Comment