April 16, 2010

Jeruk Kotak di Mekarsari


Setelah sukses dengan melon kotak, kini giliran jeruk Bali yang dibentuk kotak oleh peneliti-peneliti dari Taman Buah Mekarsari. Sama seperti melon kotak, jeruk besar ini juga bisa dimakan.

"Rasanya sama kaya jeruk yang bulat. Ini kan bukan rekayasa genetik, hanya rekayasa bentuk,"kata Kepala Bagian Kebun Produksi dan Penelitian Mekarsari Riris Margiana Sari. Riris mengatakan, jeruk kotak dari jenis pamelo atau jeruk Bali (citrus maxima), dikembangkan sejak September 2009. Untuk membuat jeruk kotak ternyata dibutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan melon kotak.


"Melon itu buah musiman, kalau jeruk itu tahunan. Jadi waktu untuk membuatnya jadi lebih lama bisa sampai 6 bulan,"kata Riris.


Namun tidak seperti melon kotak, jeruk kotak tidak dijual per buah. Namun jika para pengunjung Mekarsari menginginkan, pohon dengan buah jeruk kotak dijual untuk hiasan.


Jeruk kotak ini dijual untuk ornament. jeruk ini akan bisa bertahan lama menggelantung di pohon, jadi bisa untuk hiasan. Soal harga untuk membeli phon beserta buah jeruk kotak, sekitar 1 juta.



sumber www.detik.com

0 comments:

Post a Comment