January 31, 2010

Bunga Adenium

Bunga Adenium merupaka kelompok family Apocynaceae yaitu tanaman yang memiliki getah putih seperti susu.Tanaman ini tumbuh alami didataran yaman. Bunga Adenium mulai dikembangkan di Asia Timur dan Tenggara, pada tahun 1990 dan mulai populer akhir- akhir ini dan yang sering dicari oleh orang indonesia adalah Bunga Adenium Arabicum, mengapa digandrungi karena bunga Adenium Arabicum karena memiliki bentuk yang khas akibat karakter bonggolnya yang indah.

Dan jenis lain yang sering dicari kolektor tanaman adalah bunga adenium socotranum dan Adenium somalense. Adenium socotranum merupakan adenium paling susah didapatkan dan menjadi objek incaran empuk meskipun harganya begitu mahal. Adenium socotranum berasal dari pulau socotra yang terletak samudera Hindia disemenanjung Arab.

Sedangkan Adenium somalense merupakan Adenium yang banyak ditemukan tumbuh alami di Somalia dan Kenya. Tanaman tersebut merupakan Adenium yang cukup mudah perawatannya dan bunganya sama indah dengan Adenium obesum.  Adenium somalense dan Adenium obesum merupakan jenis Adenium yang terkenal karena keindahan bunganya.  Adenium obesum atau sering disebut bunga blorok merupakan Adenium yang paling tinggi tingkat mutasinya sehingga corak warna bunga yang muncul lain daripada yang terdapat pada bunga dari jenis-jenis Adenium lainnya.


0 comments:

Post a Comment