March 8, 2011

Asiknya ke Curug Luhur, Bogor, Jawa Barat

Belum lama ini saya pergi kedaerah bogor untuk melepaskan penat dengan rutinitas sehari-hari dikantor. Kurang lebih 1 - 2km ke arah Timur dari Curug Nangka terdapatsatu buah air terjun yang cukup terkenal di wilayah Kab. Bogordengan nama Curug Luhur. Lokasi Curug Luhur ini terletak persisdisamping jalan raya kawasan Bogor - Gunung Salak Endah, sehinggauntuk bertandang kelokasi ini, bisa menggunakan angkutan umum danmungkin hal ini pulalah yang menyebabkan Curug Luhur cenderungramai dikunjungi wisatawan. Saya punya rencana dengan teman-teman kampus untuk pergi kecurug luhur beberapa minggu sebelumnya. Saya mendapatkan referensi tempat wisata itu dari teman kampus saya yang juga belum lama datang kesana. Dengan waktu tempuh 2 jam, akhirnya kami tiba dicurug luhur, biaya tiket masuk untuk satu orang Rp.20.000 dan parkir motornya Rp 5.000,-.Saat kami tiba dilokasi begitu banyak kolam dan permainan dan curugnya cuma satu dan tidak terlalu bagus dengan curug seribu yang sempat kami datangi belum lama ini juga, ya saya bilang hampir sama dengan jungle hehehe.... Karena begitu banyak perosotan dari yang perosotan dengan ketinggian sedang sampai yang benar-benar menegangkan adrenaline.

Mendekati lokasi utama Curug Luhur terdapat sederet limpahan airyang mengalir secara deras pada dinding tanah dengan ketinggiankurang lebih 2 meter. Limpahan air ini mirip air terjun mini yangbisa digunakan pengunjung untuk membasuh tangan atau kaki sambilmenikmati kesegaran air khas pegunungan. Air terjun mini tersebutditampung pada sebuah parit kecil yang akhirnya akan menyatu denganlimpahan air Curug Luhur pada sungai yang ada di bagian tengahbawah area.


Bila ingin menikmati curug namun enggan diterpa sinar matahari,disekitar
curug juga terdapat tempat-tempat berteduh . Umumnyatempat-tempat semacam ini didominasi oleh pasangan muda-mudi yangsedang dilanda asmara untuk berbagai cerita dan janji.


Terkadang tak jarang pula para pengunjung menceburkan diri kekolam yang cukup besar yang terletak dibawah curug tersebut untuksekedar berendam membasahi tubuh atau berenang-renang kecil antartepian kolam. Dilokasi ini banyak terdapat kolam buatan yang airnyasengaja dibuat melimpah ruah, sehingga bunyi derasnya aliran airyang mengalir dan akhirnya menyatu kesebuah sungai sangatlahdominan mewarnai objek wisata Curug Luhur.

0 comments:

Post a Comment