March 9, 2010

HIV/AID Penyebab Kematian


HIV/AID menjadi penyebab utama kematian dan penyakit di kalangan wanitausia subur di seluruh dunia. Demikian kesimpulan konferensi sepuluhhari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang HIV/AIDS di New York,Amerika Serikat, baru-baru ini. Karena itu, melalui program UNaids,lembaga itu meluncurkan rencana lima tahun menangani isu-isu genderyang menempatkan wanita pada resiko itu.

Seperti dilansir BBC News, Rabu (3/3), salah satu isukunci dalam konferensi itu menyebutkan bahwa hampir 70 persen wanita diseluruh dunia dipaksa melakukan seks yang tidak aman. UNAidsmenegaskan, kekerasan semacam itu tidak boleh ditoleransi.

"Dengan merampok martabat mereka, kita kehilangan kesempatan untukmemanfaatkan potensi setengah umat manusia untuk mencapai TujuanPembangunan Milenium," kata Direktur Eksekutif UNAids Michel Sidibe."Wanita dan gadis-gadis yang bukan korban merupakan pendorong yangmembawa transformasi sosial."

Lembaga itu menjelaskan bahwa kekerasan menghambat kemampuan wanitauntuk menegosiasikan seks aman. Hal itu menjadi peringatan bahwa hampir30 tahun sejak awal epidemi layanan HIV tidak merespon kebutuhan khususwanita dan gadis. Wanita tetap tidak proporsional terkena dampakHIV/AIDS.

Di sub-Sahara Afrika, 60 persen dari mereka yang hidup dengan HIVadalah wanita. Di Afrika Selatan, misalnya, wanita muda tiga kali lebihmemungkinkan terinfeksi HIV daripada pria muda pada usia yang sama.

Program UNAids mencakup juga perbaikan pengumpulan data dan analisistentang bagaimana epidemi mempengaruhi wanita dan memastikan persoalankekerasan terhadap wanita untuk diintegrasikan dalam program-programpencegahan HIV. Selanjutnya, program itu segera diluncurkan dinegara-negara lain, termasuk Liberia.

Sumber : www.liputan6.com

0 comments:

Post a Comment