March 1, 2010

Tanaman Zodia Untuk Menghalau Nyamuk Dan Serangga

Anda tahu tentang tanaman hias zodia, yang begitu bermanfaat sekaligus berkhasiat, indonesia kaya dengan berbagai jenis tumbuhan berkhasiat. Salah satunya zodia. Tumbuhan ini dipercaya bisa menghalau nyamuk dari halaman rumah. Beberapa pecinta tanaman bahkan mencoba menggunakan zodia untuk mengurangi risiko merebaknya demam berdarah.

Zodia seperti tanaman hias biasa yang bisa terdapat di taman mana saja. Namun, tanaman yang tingginya umumnya tak sampai satu meter itu mengandung zat-zat yang tidak disukai nyamuk. Ia mengandung zat evodiamine dan rutaecarpine. Minyak yang disuling dari daun zodia mengandung linalool 46 persen serta apinene 13,26 persen. Nah, karena berbau tajam, maka tidak disukai nyamuk dan serangga.

Zodia adalah tumbuhan asli Indonesia yang berasal dari kawasan Papua. Oleh penduduk setempat, bagian-bagian tumbuhan itu biasa digunakan untuk menghalau nyamuk dan serangga saat mereka hendak masuk ke dalam hutan.

Sebetulnya, bila tidak dilaburkan ke tubuh, aroma tanaman zodia cukup harum dan bisa jadi pengharum ruangan. Tapi, tentu saja tanaman ini tak bisa bekerja sendirian. Lingkungan sekitar juga harus selalu dibersihkan agar tidak menjadi sarang nyamuk.

0 comments:

Post a Comment