December 7, 2009

Candi Borobudur

Borobudur adalah nama sebuah candi buddha yang terletak di Magelang,Jawa tengah. Lokasi candi adalah lebih 100 km disebelah barat daya,semarang dan 40 km disebelah barat laut Yogyakarta. Candi ini didirikan oleh para penganut agama Budha Mahayana sekitar tahun 800 an Masehi. Pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Salah satu menyatakan bahwa nama ini kemungkinan berasal dari kata Sambharabhudhara yaitu artinya gunung (bhudara) dimana dilereng-lerengnya terletak teras-teras. Selain itu terdapat beberapa etimologi rakyat lainnya. Kata bara konon berasal dari kata wihara sementara ada pula penjelasan lain dimana bara berasal dari bahas sansekerta yang artinya kompleks candi atau biara dan beduhur artinya tinggi atau mengingatkan dalam bahasa bali yang berati diatas. Jadi maksudnya ialah sebuah biara atau asmara yang berada ditanah tinggi.

Borobudur adalah tempat pemujaan.Borobudur adalah raja mataram dinasti Syailendra bernama Samaratungga yang melakukan pembangunan sekitar tahun 824M.Bangunan raksasa itu baru dapat diselesaikan pada masa putrinya Ratu Pramudawarhani.Pembangunan borobudur diperkirakan memakan waktu setengah abad.

Candi borobudur berbentuk punden berundak yang terdiri dari enam tingkat berbentuk bujur sangkar tiga tingkat berbentuk bundur melingkar dan sebuah stupa utama sebagai puncaknya. Selain itu tersebar disemua tingkat-tingkatnya beberapa stupa.

0 comments:

Post a Comment