December 14, 2009

Perbandingan Fitur Motor Bebek 110 CC

Sekarang ini, empat ATPM sama-sama mengeluarkan segmen premium yang bakal mengambil ceruk pasar  underbone. Ada Honda Blade, Yamaha New Jupiter Z, Suzuki New Smash, dan Kawasaki Edge yang harganya antara Rp. 12,5 juta dan Rp. 14 juta.

Dibawah ini, fitur-fitur yang ditawarkan dan perbandingannya.





Lampu
Pada Jupiter Z, terdapat dua lampu utama yang masih di setang, tetapi terpisah. Sementara itu, lokasi lampu sein dan senja ada pada tameng. Lampu belakang tampak lebih besar dengan jumlah cukup banyak. Bila di total dengan depan, maka ada 10 lampu sehingga pencahayaan cukup tinggi.

Beda sama Blade. Penempatan lampu utama motor ini pda sayap dan diapit oleh sein sehingga tidak ikut membelok. Adapun lampu Edge dan Smash terlihat mirip, desainnya adalah komposisi konvensional. Sementara itu, sein berada di sayap, sedangkan Smash berukuran lebih besar. Adapun lampu belakang Edge memberi efek LED sehingga terkesan mewah.



Spidometer
Bukan sekedar desain, melainkan ada ukuran standar pda bagian ini, seperti informasi kecepatan, angka percepatan, penunjuk volume bahan bakar dan penerangan sein kanan-kiri. "Sayang, tak semua bebek di Indonesia dilengkapi penunjuk putaran mesin (RPM). Padahal, itu penting karena merupakan salah atu fitur informasi keselamatan".

Informasi sebenarnya bisa diambil dari angka percepatan. Dari keempat bebek, hanya Edge dan Blade yang memberi informasi keselamatan, maka kecepatan motor semakin meningkat.

Untuk posisi sein yang menyala sesuai arahnya, hanya Blade dan Jupiter Z yang jelas. Karena sinyalnya terpisah, pengendara tahu mana yang menyala.

Keempat motor masih menggunakan angka "0" sampai tertinggi yang dibuat melingkar. Desain seperti ini tidak jujur. Begitu juga dengan penunjuk bahan bakar yang mirip seperti percepatan.

 

Bagasi
Untuk bagasi, Honda Blade paling besar, meski desainnya segitiga oval. Ruang bagasi sedikit lebih aman karena aki di bawah bagasi dan terlindung penutup. Selain jas hujan, gadget ukuran standar bisa di simpan di sini.
Desain bagasi Smash hampir mirip dengan bagasi Blade. Bentuknya segitiga oval seperti New Jupiter Z. Namun, volume sedikit terpangkas ruang aki yang berada di depan. Demikian juga Jupiter Z sehingga helm full face tak bisa masuk.

Bagasi Edge hampir berbentuk segi empat dengan kedalaman 7 cm. Asyiknya, jas hujan yang di simpan disini ga' harus dilipat.

Harga
Yamaha New Jupiter Z dibanderol Rp. 14,6 juta.
Suzuki New Smash  dibanderol Rp. 12,55 juta
Honda Blade  di banderol Rp. 13,65 juta
Kawasaki Edge ga' jauh beda dengan Honda Blade

sumber KOMPAS

0 comments:

Post a Comment