November 24, 2009

Air Bagi Kesehatan


Ngomong-ngomong tentang kecukupan air, tubuh membutuhkan sekitar dua liter atau delapan gelas air dalam sehari untuk menggantikan cairan yang keluar dari keringat, urin, kotoran. Biasanya daerah yang panas lebih banyak mengeluarkan keringat, orang harus mengkonsumsi air lebih banyak dibandingkan orang yang berada di daerah dingin.

Bila kita mengkonsumsi air yang cukup akan membantu meningkatkan fungsi hormon, memperbaiki kemampuan hati untuk memecah atau melepas lemak, serta mengurangi rasa lapar dan membantu melarutkan makanan yang dimakan atau membuang sisa-sisa makanan.
Bila kita kurang minum sedikit saja namun berlangsung dalam jangka panjang, fungsi ginjal akan terganggu sehingga akan membentuk suatu kristal atau yang disebut batu ginjal. Kurang cairan juga dapat menyebabkan infeksi saluran urin, kelelahan dan masalah seputar kulit, rambut, kuku.

Air mengandung oksigen, oksigen yang terlarut dalam air memberi dampak positif bagi kesehatan karena meningkatkan pasokan oksigen ke setiap sel tubuh, melarutkan zat gizi, dan mendistribusikannya ke seluruh tubuh. Oksigen dalam air juga merangsang kelangsungan hidup sel, mengatur suhu tubuh, serta melarutkan bahan-bahan berbahaya.
Dalam kondisi kurang oksigen, tubuh mudah menjadi sarang penyakit, namun dengan air beroksigen perkembangan bakteri dan bibit penyakit menjadi terhambat.

0 comments:

Post a Comment