November 22, 2009

Atasi Diabetes Dengan Jaga Pola Makan


Kemunculan penyakit diabetes melitus ditandai oleah kadar gula darah melebihi nilai normal. Agar kadar gula stabil, pengidap penyakit ini harus menjaga pola makan. Sebaiknya mereka mengkonsumsi makanan dengan indeks glisemik rendah.
Penderita diabetes harus menghidari buah dengan indeks glesemik tinggi seperti rambutan, kelengkeng, semangka, mangga dan pisang. Contoh makananyang memiliki indeks glesemik tinggi adalah kue tar 70, nasi putih 72, roti putih 73, donut 76 dan sereal  manis 85. Ada empat tipe penyakit kencing manis atau diabetes melintus. Diabetes tipe 1, tipe 2, tipe DM Gestasional yang terdapat pada ibu hamil, dan diabetes kaena tidak diketahui penyebabnya. 


Diabetes tipe 1 berasal dari faktor genetik. Pada tipe ini, pankreas sebagai penghasil hormon insulintal berfungsi seperti seharusnya. Padahal insulin bertugas sebagai kurir glukosa kedalam sel dan bisa digunakan sebagai energi.
Jika tidak ada insulin dalam tubuh, gula akan ikut beredar bersama darah. Inilah yang disebut sebagai penyakit gula. Jika darah yang mengandung gula terus beredar dalam tubuh, akan mengakibatkan gangguan di pembuluh darah. 
Implikasinya bisa menimbulkan potensi gagal jantung dan gagal ginjal, solusinya penderita harus disuntik insulin sepanjang hidup.


Diabetes tipe 2 lebih terjadi karena ada resestensi terhadap insulin, karena pangkreas memproduksi insulin menjadi tak memadai sehingga gula beredar dalam darah. 
Penderita diabetes jika kadar gulanya diatas 100 miligram per desiliter (mg/dl) sampai 125 mg/dl. Untuk mengetahui kadar gula seseorang harus menjalani tes laboraturium.


Sumber : Kontan

0 comments:

Post a Comment