November 23, 2009

Google Membuka Source Code Chrome OS


Akhirnya operasi komputer yang bertajuk Chrome mulai terbuka lebar, Google yang merancang sistem ini, membuka source code sehingga para pengembang dapat melihat lebih dalam. Para pengembang dapat mengunduh di website Chromium OS untuk bagian code base, user interface dan design documents.

OS Google Chrome dirancang berbeda dengan sistem operasi yang ada saat ini. Google Chrome OS membawa web browser sebagai sistem operasi sebuah komputer dan OS ini tidak menjalankan aplikasi lokal seperti sistem operasi personal computer umumnya. Semua aktivitas dilakukan dengan browser dan tak ada lagi aplikasi konvensional di desktop. Soal keamanan OS ini dilengkapi dengan sandbox atau kunci rahasia yang unik, sehingga menyulitkan malware menginfeksi komputer.




Google Chrome OS ditujukan untuk jalan di solid-state storage, padahal sebagian mesin komputer sekarang belum mampu berjalan di sistem itu. Kode yang dibuka Google merupakan sinyal bagi developer dan pabrikan komputer untuk siap-siap membuat mesin yang sesuai dengan Chrome OS.

Nah siap siaplah untuk migrasi dari yang berbayar menuju gratisan, lebih hemat dan tidak perlu lagi pakai bajakan

0 comments:

Post a Comment